Meningkatkan Kepercayaan
Dibawah ini adalah bentuk
kebiasaan yang dapat meningkatkan tingkat kepercayaan dalam hubungan interaksi
anda:
1. Transparan
Jangan mencoba menyembunyikan sesuatu dari orang lain. Jauhkan
dari segala macam agenda/rencana tersembunyi. Anda mungkin berpikir anda dapat
mengelabui mereka. Namun perlu anda ketahui, kebanyakan orang memiliki intuisi
yang baik, dan meskipun mereka tidak mengetahui persis apa sebetulnya rencana
tersembunyi anda, mereka setidaknya memiliki perasaan yang kurang enak berada
di dekat anda. Biasanya orang-orang yang mempunyai rencana tersembunyi akan
terlihat dari bahasa tubuhnya.
(lihat juga bagaimana mengetahui orang sedang berbohong).
Jika mereka merasa tidak nyaman berada di dekat anda, mereka juga tidak akan bisa menaruh kepercayaan kepada anda.
Jika mereka merasa tidak nyaman berada di dekat anda, mereka juga tidak akan bisa menaruh kepercayaan kepada anda.
2. Tulus
Hal ini mirip dengan poin nomor satu. Katakanlah sesuatu dengan
jujur. Jangan coba-coba untuk mengelabui orang lain dengan kata-kata anda,
seperti memberi pujian palsu atau pura-pura memberi dukungan. Sekali lagi,
orang-orang mempunyai semacam detektor. Ketika seseorang mengetahui bahwa anda
betul-betul tulus, kepercayaan mereka akan meningkat kepada anda. Orang-orang
menyukai kebenaran.
3. Fokus Pada Menambah
Nilai
Dalam setiap hubungan, fokuskan pada tindakan-tindakan yang
menyentuh hati seseorang. Bekerja keraslah untuk itu, karena ketika anda
berhasil memberi nilai tambah pada kehidupan seseorang, mereka tidak hanya
merasakan bahwa anda berada di pihaknya, mereka juga akan memiliki dorongan
untuk melakukan hal yang sama kepada anda. Contohnya, dalam hubungan bisnis
adalah anda melakukan suatu hal lebih cepat dari yang dijanjikan. Dalam
hubungan pribadi adalah anda fokus pada memenuhi keinginan pasangan anda
daripada keinginan anda sendiri.
4. Hadirlah Dengan
Seluruh Jiwa Raga Anda
Dimana saja anda berbicara dengan seseorang, buatlah ia menjadi
fokus utama. Jangan berpikir tentang kerjaan di kantor ketika anda berada di
rumah dan berbicara dengan pasangan anda. Sebaliknya, jangan berpikir tentang
kondisi di rumah ketika anda sedang bersama klien. Hadir dengan seluruh jiwa
raga anda berarti anda memberikan waktu yang berkualitas dan waktu yang
berkualitas akan membangun kepercayaan.
5. Perlakukanlah Selalu
Orang Dengan Hormat
Semenjak kecil kita selalu diajarkan oleh orang tua dan guru
kita untuk berlaku hormat pada orang lain. Namun, karena pengaruh lingkungan,
nilai-nilai tersebut mulai luntur, kita malah terbawa pada kebiasaan buruk
meremehkan orang lain. Hal ini termasuk perilaku membicarakan hal-hal yang kurang
baik di belakang seseorang. Ingatlah, martabat orang lain sebagai manusia,
mereka berhak diperlakukan dengan hormat. Ketika orang-orang mengetahui bahwa
anda selalu memperlakukan mereka dengan hormat, maka orang-orang pun akan
menaruh banyak kepercayaan pada anda.
6. Ambillah Tanggung
Jawab
Ketika diri anda sedang berantakan, segeralah bereskan diri anda
tanpa terkecuali. Orang lain tidak akan mengerti dan mungkin tidak akan peduli
dengan permasalahan yang anda alami. Lupakan mencari-cari alasan, dan ambillah
saja tanggung jawab yang diberikan pada anda, tidak perlu banyak berpikir.
Pembenaran dan membuat alasan mungkin membantu anda dalam jangka pendek, namun
untuk jangka panjang, justru akan menurunkan tingkat kepercayaan orang terhadap
anda.
Dewasa ini, berani bertanggung jawab merupakan karakter yang sulit ditemukan dimana kebanyakan orang lebih sering menghindari konsekuensi negatif akibat perbuatan mereka. Beranilah untuk membuat perbedaan maka anda akan merebut kepercayaan dari orang lain.
Dewasa ini, berani bertanggung jawab merupakan karakter yang sulit ditemukan dimana kebanyakan orang lebih sering menghindari konsekuensi negatif akibat perbuatan mereka. Beranilah untuk membuat perbedaan maka anda akan merebut kepercayaan dari orang lain.
7. Fokus Pada Umpan
Balik
Kecuali anda adalah seorang pembaca pikiran, satu-satunya cara
anda dapat mengetahui seberapa baik hubungan anda dengan seseorang adalah
dengan cara meminta umpan balik (feedback) dari orang tersebut. Jangan hanya
pasif menunggu orang memberi umpan balik pada anda, namun anda harus aktif
memintanya. Kebanyakan orang takut untuk memberikan umpan balik kepada anda,
apalagi jika mengandung hal negatif. Mintalah dengan tulus kepada seseorang dan
berilah respon yang baik, maka orang tersebut akan rela untuk memberikan umpan
balik kepada anda. Terimalah semua umpan balik, baik yang positif maupun
negatif, dan sebisa mungkin rubahlah kebiasaan anda yang kurang baik
berdasarkan umpan balik tersebut.
8. Terimalah Kritikan
Dengan Baik
Belajarlah untuk mengatasi kritik dengan rasa syukur. Dibanding
anda bertahan (defensive), pertimbangkan apa yang orang lain katakan, mungkin
ada benarnya. Menutup diri anda dari segala kritik mempunyai dampak menutup
segala komunikasi. Dalam beberapa kasus, kritik mungkin ada tidak benarnya.
Untuk contoh ini, anda mempunyai kesempatan untuk menunjukkan empati. Cobalah
mengerti permasalahan seseorang dari sudut pandangnya. Mungkin kritik hanyalah
sekedar luapan emosi dari kekesalan yang mereka miliki pada anda. Kerelaan anda
untuk tidak mengambil sikap bertahan justru akan meningkatkan rasa kepercayaan
dalam hubungan anda dan orang tersebut.
9. Berbudi Bahasa yang
Baik
Berbudi bahasa yang baik harus dapat anda pegang teguh. Hanya
ucapkan kata-kata yang baik kepada orang-orang, meskipun orang tersebut tidak
berkata baik kepada anda. Cepatlah meminta maaf ketika anda mengetahui bahwa
anda salah. Mengapa anda harus melakukan ini? Pertama, bayangkan apa yang anda
rasakan jika orang-orang mendapatkan pengalaman yang baik bersama anda. Kedua,
bayangkan tingkah laku orang-orang yang akan ikut terbawa menjadi lebih baik
karena mereka berada dekat terus dengan anda. Orang-orang akan menaruh
kepercayaan besar kepada anda.
10. Memegang Janji
Janji adalah sesuatu yang memiliki dampak yang sangat kuat.
Tepatilah semua janji yang telah anda buat. Buatlah kata-kata anda jauh lebih
kuat dibanding kontrak tertulis apapun, dan jangan sekali-kali membuat janji
kosong. Alhasil orang-orang akan menghargai anda dan menaruh kepercayaan yang
tinggi kepada anda.
11. Konsisten
Yang tidak kalah
penting, konsistenlah dengan perilaku-perilaku diatas. Jangan hanya sesekali
saja anda melakukannya. Konsistensi adalah kunci untuk menjaga kepercayaan
orang lain kepada anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar